PRINGSEWU HADIRI MUSYAWARAH PRENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL 2024 (SENIN, 06 MEI 2024)

 

PlanningNews @  Presiden JOKO WIDODO (Jokowi) dan Wakil Presiden MA'RUF AMIN menghadiri Seremoni Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 yang diadakan oleh Kementerian PPN/Bappenas tersebut. Presiden mengatakan bahwa Musrenbangnas diharapkan menjadi penyambung agenda pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Dengan demikian, program yang direncanakan tepat sasaran dan dirasakan masyarakat.  Musrenbangnas bisa menjadi sekrup penyambung agenda pusat, provinsi, kabupaten, dan kota agar semua inline, semuanya seirama dan tepat sasaran. Dan nanti hasilnya betul-betul dirasakan rakyat. 

Saat ini, Indonesia dan seluruh dunia dihadapkan pada situasi yang tidak mudah. Sebab, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan hanya 3,2%. Kita dihadapkan pada situasi tidak mudah, tantangan tidak gampang, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan cuma 3,2%. Dampak runtutan dari Covid-19 masih terasa sampai sekarang. Beberapa negara masuk pada resesi Jepang, Inggris, dan beberapa negara Eropa berada di posisi ke sana. Menuju resesI.

Presiden JOKOWI mengimbau semua pihak berhati-hati dalam mengelola fiskal dan anggaran. Kemudian, tidak ada satu rupiah pun meleset dari rencana yang dibuat di awal sekaligus memperhatikan skala prioritas. Semua negara ini takut terhadap 3 hal, pertama harga minyak, kedua masalah bunga pinjaman. Semua takut masalah itu, karena begitu bunga pinjaman naik sedikit saja beban fiskal akan sangat besar. Sekali lagi, kita harus betul-betul berhati-hati mengelola setiap rupiah anggaran yang kita miliki,


Penjabat Bupati Pringsewu Dr. MARINDO KURNIAWAN diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Pringasewu Drs. Heri Iswahyudi MAg., hadir dalam agenda Seremoni Musrenbangnas Tahun 2024 sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional diselenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024 dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2025 pada Senin 06 Mei 2024 di Balai Sidang Convention Center Senayan Jakarta.  

Musrenbangnas 2024 digelar untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 yang mengusung tema 'Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'. Acara diisi Laporan Penyusunan RKP Tahun 2025 oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Pemutaran Video Pavilliun Indonesia pada Expo Osaka 2025, Penayangan Video Pemenang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), Penyerahan Piala PPD oleh Presiden RI, Pengarahan pada Musrenbangnas Tahun 2024 oleh Presiden RI.

Selanjutnya agenda arahan dan diskusi antara lain Arahan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Arahan Menteri Keuangan, Arahan Menteri Dalam Negeri,

Diskusi Penyelarasan Perencanaan Pusat dan Daerah dalam Masa Transisi  Kementerian PPN/Bappenas: Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan; Plt. Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian Keuangan: Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Dalam Negeri: Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah · Pimpinan Daerah: Gubernur Kepulauan Riau · Pakar/Praktisi: Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan memberi arahan pada sesi kedua. Turut hadir di lokasi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan sejumlah pejabat negara lainnya.(*/bappeda*/v@n).   

#LAMPUNG:Kuat Transformasi Ekonomi dan Kualitas SDM menuju Lampung Sejahtera, Maju, Merata dan Berkelanjutan (SMART) 2045         

#PringsewuBerdayaSaingMajudanBerkelanjutan

#HUT15KabupatenPringsewu

#SemakinTumbuhBergerakBerkembangdanUnggul