Sejarah BAPPEDA Kabupaten Pringsewu

 

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu pertama kali dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Pringsewu.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu, merupakan unsur penunjang Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah kabupaten yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati Pringsewu melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu serta mempunyai tugas membantu Bupati Pringsewu dalam melaksanakan fungsi penunjang Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah kabupaten.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasperencanaan, penelitian dan pengembangan daerah;
  2. pelaksanaan tugas dukungan teknis sesuai dengan lingkup tugasperencanaan, penelitian dan pengembangan daerah;
  3. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis sesuai dengan lingkup tugasperencanaan, penelitian dan pengembangan daerah;
  4. pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang Urusan Pemerintahan Daerah sesuai dengan lingkup tugasperencanaan, penelitian dan pengembangan daerah; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh bupatisesuai dengan tugas dan fungsi perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu dengan  tipe A untuk mewadahi pelaksanaan fungsi badan Daerah kabupaten Pingsewu sebagaimana dimaksud dengan beban kerja yang BESAR.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu dipimpin oleh Seorang Kepala Badan dangan Sekretaris (membawahi Kepala Sub Bagian Umum) dan beberapa Kepala Bidang (Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi, Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bidang  Perekonomian dan Sumber Daya Alam dan Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah serta Bidang Penelitian dan Pengembangan).

Berikut sejarah kepemimpinan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu adalah:

  1. Hotman Atiek 29 Juni 2009
  2. Achmad Alwi Siregar 08 Agustus 2011
  3. Widijatno ……2011
  4. Hasan Basri SE., MM. 24 September 2012
  5. Samsir 10 Januari 2014
  6. Akhmad Fadoli, M.Si 15 Agustus 2014
  7. Relawan, SE., MM. 29 Desember 2016
  8. Akhmad Fadoli, M.Si 02 Januari 2020
  9. Imam Santiko Raharjo, SSi. 26 September 2023

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu Siap berkomitmen menjaga 9 (sembilan) Nilai Integritas yaitu: Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggung jawab, Kerja keras, Sederhana, Berani, dan Adil yang bisa mencegah Terjadinya Tindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.