BERITA
  • 14 November 2019
  • 0 Komentar
  • 57 Kali Dilihat
Rapat Penyusunan Indikator Ekonomi Daerah Kabupaten Pringsewu

PRINGSEWU – BAPPEDA | Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pringsewu menggelar Rapat Penyusunan Indikator Ekonomi Daerah Kabupaten Pringsewu di Ruang Rapat Bappeda Rabu, 13/11/2019.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu Relawan, SE., MM. dan didampingi Sekretaris Bappeda Eko Sumarmi, S.Km dan dihadiri peserta rapat dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Ketahan Pangan, Dinas Koperasi dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dan Bagian Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Pringsewu.

Dalam rapat yang diselenggarakan menghasilkan notulen/catatan sebagai berikut :

Kondisikan pada suatu tingkat perkembangan dalam rangka mencapai target pembangunan yang ditetapkan. Sebagai contoh dalam berbagai dokumen perencanaan baik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional  maupun yang telah dikondisikan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah beberapa indikator ekonomi makro, antara lain : PDB/PDRB, pendapatan perkapita, distribusi pendapatan, pengangguran vs kesempatankerja, kemiskinan, target inflasi dan investasi.

Dokumen perencanaan lainnya yang terkaitseperti RTRW dan kondisi faktual sekarang adalah sebagai dokumen dasar dan pendukung capaian visi misi Bupati. Berbagai dokumen tersebut memberi sumber gagasan pembangunan lingkungan strategis yang mendukung seluruh proses perencanaan, dimana seluruh proses perencanaan pada akhirnyaakan bermuara pada tujuan-tujuan pembangunan ekonomi utama pada visi misi Kabupaten yang dapat dicerminkan pada dokumen ekonomi makro daerah Kabupaten Pringsewu.

Perkembangan perekonomian di Kabupaten Pringsewu sendiri diharapkan berhasil memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas harus diiringi dengan terbukanya lapangan pekerjaan baru sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Maksud Penyusunan Dokumen Ekonomi Makro Kabupaten Pringsewu adalah untuk melihat, dan mengembangkan perekonomian makro Kabupaten Pringsewu yang berguna untuk menyusun berbagai kebijakan.

Sedangkan tujuan penyusunan Dokumen Ekonomi Makro Kabupaten Pringsewu adalah untuk menyajikan informasi dan analisis  mengenai kondisi ekonomi makro Kabupaten Pringsewu mengenai :

  1. Kondisi perekonomian yang meliputi besarnya PDRB, pendapatan perkapita penduduk, Laju pertumbuhan penduduk,Pengangguran, Kemiskinan,Inflasi,dan IPM di KabupatenPringsewu
  2. Mendata sekaligus menganalisisekonomi makro untuk dijadikan data dasarl sebagai pengambilan kebijakan pembangunan.
  3. Hal -hal lain yang menyangkut informasi perekonomian Kabupaten Pringsewu.

Pada tahapan ini, dilakukan analisa terhadap seluruh data dan informasi yang telah di peroleh untuk digunakan dalam penyusunan laporan Dokumen Ekonomi Makro Kabupaten Pringsewu yang terdiri dari :

  • Produk Domestik Regional Bruto menurut Harga Konstan (HK) dan Harga Berlaku (HB)
  • Analisa PDRB harga konstan dan harga berlaku per sector dan sub sector
  • Proyeksi PDRB (HK), PDRB (HB),  persektor dan sub sector  3 tahun kedepan
  • PDRB per Kapita (HB dan HK) dan proyeksi ke depan serta analisa persektor dan sub sektor
  • Jumlah Penduduk dan Laju Pertumbuhannya
  • Laju Pertumbuhan Ekonomi analisa dan proyeksinya persektor dan sub sektor
  • Inflasi analisa dan proyeksi persektor dan sub sektor
  • Indek Pembangunan Manusia analisa dan proyeksi persektor dan sub sektor
  • Ketenagakerjaan analisa dan proyeksi persektor dan sub sektor
  • Kemiskinan analisa dan proyeksi persektor dan sub sektor
  • Dan hal-hal lain yang terkait dengan ekonomi Makro

 

[Bappeda.Info]