BERITA
  • 15 November 2019
  • 0 Komentar
  • 44 Kali Dilihat
Rapat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Kabupaten Pringsewu

PRINGSEWU - BAPPEDA │ Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pringsewu menyelenggarakan Ekspose Laporan Pendahuluan Penyusunan Pengembangan Produk Unggulan Daerah  (PUD) Kabupaten Pringsewu TA. 2019 Rabu, 13 November 2019 di ruang rapat Bappeda Kabupaten Pringsewu.

Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu, Relawan, SE. MM. menerangkan bahwa PUD Kabupaten Pringsewu dibentuk berpedoman pada Permendagri No. 9 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengembangan PUD dan saat ini telah ditetapkan oleh kepala daerah pada tahun 2019.

Penentuan PUD tersebut telah beberapa kali dilakukan pembahasan yang akhirnya disepakati bahwa PUD Kabupaten Pringsewu menggunakan model OVOP yaitu tahu Pekon Gadingrejo, kain perca Pekon Sukamulya, anyaman bambu Pekon Tulung Agung dan olahan ikan lele Kelurahan Fajar Agung Pringsewu dan Pekon Pagelaran.

Tim ahli konsultan dari CV. RC CONSULTANT menjelaskan  kembali kelebihan dan kekurangan 9 calon produk unggulan yang telah dikaji pada tahun 2018 yaitu produk Ikan Asap, Tahu, Kain Perca, Jajanan Kelanting, Manik-manik, Bambu, Bata-Genteng, Kain Tapis dan Beras Organik. Penjelasan lainnya adalah terkait metode penyusunan dokumen pekerjaan, dan indikasi kebijakan yang akan dilakukan masing-masing OPD terkait dalam hal pengembangan OVOP PUD.

Masukan dan saran juga banyak disampaikan dari peserta rapat, antara lain masukan dari Dinas Lingkungan Hidup terkait kerusakan lingkungan yang harus diperhatikan, masukan dari Dinas Perikanan yang menyetujui olahan ikan lele sebagai PUD mengganti ikan asap lele karena Produk olahan lele di pagelaran merupakan produk perikanan di Lampung yang sudah mendapatkan SNI dan lain-lain.

Selain itu masukan dari Sekretaris Bappeda Eko Sumarmi, S.Km. mengharapkan produk unggulan yang sudah ditetapkan tersebut dapat dikembangkan dengan memunculkan ke khasan Kabupaten Pringsewu, missal tahu khas pringsewu, kain perca motif khas pringsewu dan lain-lain.   

 

[Bappeda.info]