BERITA
  • 06 Mei 2020
  • 0 Komentar
  • 71 Kali Dilihat
Pemerintah Daerah Akan Bantu Pelaku UMKM Di Kabupaten Pringsewu

PRINGSEWU | Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, SE., M.Kom., Akt., CA., CMA., didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan John Drawadi, SE., MM, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Drs. Masykur, MM., Plt. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Suchairi Sibarani, S.Pd., MIP., Plt. Kepala Dinas Pertanian Maryanto, SP, Sekretaris Dinas Perikanan I Made S., Sekretaris Dinas Kominfo Jahron, S.Pd., M.Pd. memimpin langsung rapat yang berkaitan dengan salah satu strategi Pemerintah Daerah dalam membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Pringsewu.

Acara yang berlangsung di Rumah Dinas Wakil Bupati Rabu, (6/5/20) dihadiri oleh seluruh Admin Website dan Media Sosial OPD, Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Pringsewu serta menghadirkan Admin Grup Wisata Kuliner Pringsewu (WKP) dan pengelola Wisata Nggruput Dwi Oktarini, serta pengelola Grup Pringsewu Comunity Suchairi Sibarani, S.Pd., M.IP. sebagai Narasumber.

Dwi, menyampaikan siap membantu Pemerintah Kabupaten Pringsewu sesuai dengan pengalaman yang telah dimiliki, karena telah terbukti banyak pengusaha dibidang kuliner yang tertergabung didalam Grup Wisata Kuliner Pringsewu (WKP) yang berhasil berkembang.

Pada saat yang sama Suchairi menambahkan, berkaitan dengan media sosial agar tidak ragu untuk menarik orang lain (mengajak pertemanan) untuk dapat bergabung/berteman dengan akun yang kita miliki, jangan hanya menunggu orang lain mengirimkan permintaan pertemanan, Suchairi meyakini banyaknya jumlah anggota/teman menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan kegiatan ini di media sosial.

Pemerintah Daerah dibawah arahan Wakil Bupati Pringsewu selain melalui Website dan Media Sosial yang dimiliki OPD, Kecamatan dan Kelurahan se-Kabupaten Pringsewu juga akan menggunakan Forum Bisnis (Forbis) Pringsewu untuk memasarkan produk UMKM di Kabupaten Pringsewu.

Forbis Pringsewu adalah Grup Facebook yang dikelola oleh Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdakab Pringsewu untuk lebih memudahkan masyarakat luas dari dalam maupun luar pringsewu mengetahui informasi yang berkaitan dengan produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM Kabupaten Pringsewu.

Dengan demikian melihat kesuksesan yang diraih oleh Grup Wisata Kuliner Pringsewu (WKP), maka pelaku UMKM Kabupaten Pringsewu untuk dapat bergabung kedalam Forum Bisnis (Forbis) Pringsewu agar produk yang dimiliki dapat dengan cepat dan mudah terlihat serta menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga diharapkan dapat mendongkrak transaksi jual beli produk-produk UMKM yang diperjual belikan.

Dinas Koperindag, Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan masing-masing telah menempatkan 1 admin untuk membantu mengelola dan memaksimalkan keberadaan grup tersebut, dan didukung oleh admin media sosial OPD, Kecamatan dan Kelurahan se Kabupaten Pringsewu untuk membantu dalam memaksimalkan keanggotaan dan mempromosikan produk-produk yang ada/terposting didalam grup tersebut.

[Bappeda.Info]